Electronic commerce, yang biasa dikenal sebagai e-commerce atau eCommerce, atau e-usaha yang terdiri dari pembelian dan penjualan produkatau jasa melalui sistem elektronik seperti internet dan lain jaringan komputer . Jumlah perdagangan dilakukan secara elektronik telah berkembang luar biasa dengan penggunaan internet yang meluas. Penggunaan perdagangan dilakukan dengan cara ini, memacu dan menggambar pada inovasi dalam transfer dana elektronik , manajemen rantai suplai , pemasaran Internet , proses transaksi online , pertukaran data elektronik (EDI), manajemen persediaan , dan sistem pengumpulan data otomatis. commerce elektronik modern biasanya menggunakan World Wide Web setidaknya di beberapa titik di transaksi's siklus hidup, meskipun dapat mencakup lebih luas teknologi seperti e-mail juga.
Sebagian besar elektronik commerce dilakukan sepenuhnya elektronik untuk virtual item seperti akses ke konten premium pada sebuah situs web, namun sebagian besar elektronik commerce melibatkan transportasi fisik item dalam beberapa cara. Online pengecer kadang-kadang dikenal sebagaie-tailers dan eceran online kadang dikenal sebagai e-ekor. Hampir semua pengecer besar memiliki kehadiran perdagangan elektronik pada World Wide Web .
Elektronik commerce yang dilakukan antara perusahaan yang disebut sebagai bisnis-bisnis atau B2B. B2B dapat terbuka untuk semua pihak yang berkepentingan (misalnya pertukaran komoditi ) atau terbatas pada spesifik, pra-kualifikasi peserta ( swasta pasar elektronik ). Elektronik commerce yang dilakukan antara perusahaan dan konsumen, di sisi lain, ini disebut sebagai bisnis-konsumen atau B2C . Ini adalah jenis electronic commerce yang dilakukan oleh perusahaan seperti Amazon.com . Belanja online adalah suatu bentuk perdagangan elektronik di mana pembeli langsung online untuk penjual komputer biasanya melalui internet. Tidak ada pelayanan perantara. Transaksi jual beli selesai elektronik dan interaktif secara real-time seperti Amazon.com untuk buku-buku baru. Jika perantara hadir, maka penjualan dan transaksi pembelian disebut perdagangan elektronik sepertieBay.com .
Elektronik commerce umumnya dianggap sebagai aspek penjualan e-bisnis . Hal ini juga terdiri dari pertukaran data untuk memfasilitasi pembiayaan dan pembayaran aspek dari transaksi bisnis.
Perkembangan awal
Yang dimaksud dengan electronic commerce telah berubah selama 30 tahun terakhir. Awalnya, perdagangan elektronik berarti fasilitasi transaksi komersial secara elektronik, menggunakan teknologi seperti Electronic Data Interchange (EDI) dan Transfer Dana Elektronik (TDE). Ini adalah kedua diperkenalkan pada akhir tahun 1970, yang memungkinkan perusahaan untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik. Pertumbuhan dan penerimaan kartu kredit, anjungan tunai mandiri (ATM) dan perbankan telepon pada 1980-an juga bentuk perdagangan elektronik. Bentuk lain dari e-commerce adalah sistem reservasi maskapai ditandai oleh Sabre di Amerika Serikat dan Travicom di Inggris.
Dari tahun 1990-an dan seterusnya, perdagangan elektronik akan juga termasuk perencanaan sumber daya perusahaan sistem (ERP), data mining dan data warehousing .
Contoh awal ke-banyak-banyak elektronik commerce barang fisik adalah Boston Computer Exchange , sebuah pasar untuk komputer yang digunakan diluncurkan pada tahun 1982.Informasi pasar online awal, termasuk konsultasi online, adalah Pertukaran Informasi Amerika , lain Internet pra [ klarifikasi diperlukan ] sistem online diperkenalkan pada tahun 1991.
Pada tahun 1990, Tim Berners-Lee menemukan WorldWideWeb web browser dan mengubah jaringan telekomunikasi akademik ke dalam sistem komunikasi orang umum sehari-hari di seluruh dunia yang disebut internet / www. perusahaan komersial di internet sangat dilarang sampai tahun 1991. [1] Meskipun Internet menjadi populer di seluruh dunia sekitar tahun 1994 ketika belanja online internet pertama kali dimulai, butuh waktu sekitar lima tahun untuk memperkenalkan protokol keamanan dan DSL terus memungkinkan koneksi ke Internet.Pada akhir tahun 2000, banyak perusahaan bisnis Amerika dan Eropa menawarkan jasa mereka melalui World Wide Web . Sejak itu orang mulai mengaitkan "kata e-commerce"dengan kemampuan membeli berbagai barang melalui Internet menggunakan protokol aman dan layanan pembayaran elektronik.
Dampak terhadap pasar dan pengecer
Ekonom berteori bahwa e-commerce harus mengakibatkan harga mengintensifkan persaingan , untuk meningkatkan kemampuan konsumen untuk mengumpulkan informasi tentang produk dan harga. Penelitian oleh empat ekonom di Universitas Chicago menemukan bahwa pertumbuhan belanja online juga mempengaruhi struktur industri di dua wilayah yang telah melihat pertumbuhan yang signifikan dalam e-commerce, toko buku dan agen perjalanan . Umumnya, perusahaan besar telah tumbuh dengan mengorbankan yang lebih kecil, karena mereka dapat menggunakan skala ekonomis dan menawarkan harga yang lebih rendah. Pengecualian tunggal untuk pola ini telah menjadi terkecil kategori sangat penjual buku, toko-toko dengan antara satu dan empat karyawan, yang tampaknya telah bertahan tren.
sumber : wikipedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar